Parenting

4 Tips Menghadapi Anak yang Pilih-Pilih Makanan

4 Tips Menghadapi Anak yang Pilih-Pilih Makanan

 Kondisi anak pilih-pilih makanan merupakan menjadi sebuah ketakutan bagi para ibu. Kondisi gangguan makan yang biasa dialami oleh anak-anak ini tidak boleh dianggap enteng. Apabila tidak segera ditangani dengan baik gangguan anak suka pilih-pilih makanan bisa menimbulkan beberapa dampak negatif yang tidak diinginkan. Berikut ini 4 tips menghadapi anak yang pilih-pilih makanan.

1. Ciptakan Waktu Makan yang Menyenangkan

Suasana makan yang menyenangkan dapat ibu ciptakan dengan cara menyajikan makanan dengan bentuk dan tampilan penyajian yang menarik bagi anak. Sebaiknya hindari pemberian gadget atau makan sambil menonton televisi dan hal lainnya yang bisa mengalihkan perhatian anak terhadap makanan.

Ibu perlu sesekali mengajak anak bicara tentang kegiatan dan aktivitas anak serta membagikan cerita pengalaman ibu kepada anak untuk menciptakan suasana makan yang menyenangkan.  Suasana makan yang menyenangkan dapat meningkatkan perhatian anak untuk tertuju pada makanan, menjadikan anak selalu menunggu waktu makan tiba.

2. Memperkenalkan Jenis Makanan Baru Secara Bertahap

Anak yang pilih-pilih makanan biasanya disebabkan karena anak belum terlalu banyak mengenal aneka jenis makanan. Ibu dapat memperkenalkan berbagai jenis makanan baru secara bertahap sesuai usia anak. Sajikan makanan dalam porsi kecil terlebih dahulu, lalu bertahap kepada porsi yang lebih besar.

Ibu juga perlu memperbaiki kandungan gizi pada jenis makanan yang disukai anak. Sebagai contoh apabila anak menyukai pizza, ibu dapat menambahkan variasi sayuran dan potongan buah untuk memperbaiki kandungan gizinya. Jika anak menyukai pasta ibu dapat menambahkan variasi sayuran agar kadar gizi pada makanan yang disukai anak meningkat.

3. Libatkan Anak dalam Proses Membuat Makanan

Ibu dapat mengajak anak berbelanja kebutuhan makanan dan membiarkannya memilih menu untuk makanannya. Selain mengajarkan anak dalam mengambil keputusan meningkatkan keterlibatan anak dalam mempersiapkan makanan dapat menghindarkan anak dari perilaku pilih-pilih makanan.

Sajikan makanan pada anak dengan interval waktu yang sama. Ada baiknya cegah anak makan di luar jadwal makan yang sudah dibiasakan oleh ibu. Dalam mengatur jadwal makan ini, ibu juga perlu melibatkan keputusan anak. Berikan semangat untuk anak agar bisa menghargai diri sendiri. Minimalisir pemberian kritik terhadap kondisi apapun yang dialami oleh anak.

4. Tetap Bersikap Tenang dan Memberikan Contoh yang Baik pada Anak

Sebagai langkah awal, ibu perlu memberikan pengertian kepada anak mengenai pentingnya makanan sehat. Ibu dapat memberikan contoh baik pada anak dengan cara menunjukkan wajah yang antusias saat sedang makan makanan sehat. Sebaiknya hindari pembicaraan mengenai ketidaksukaan ibu terhadap jenis makanan tertentu.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat ibu coba dalam menghadapi anak yang pilih-pilih makanan. Kesabaran yang ekstra memang dibutuhkan dalam mengatasi kondisi gangguan perilaku makan pada anak semacam ini. Hal yang terpenting ibu tetap harus memastikan asupan gizi anak tercukupi secara lengkap untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.