Kesehatan

Sakit Punggung Saat Hamil? Atasi Dengan Cara Ini!

Sakit Punggung Saat Hamil? Atasi Dengan Cara Ini!

Ketika hamil, kondisi tubuh ibu akan mengalami banyak perubahan salah satunya perubahan hormon serta otot panggul yang menyebabkan sakit punggung. Umumnya sakit punggung akan dirasakan pada trisemester kedua kehamilan. Sakit punggung saat hamil dapat terjadi ketika mengangkat beban, membungkukkan badan ke depan, berdiri dari posisi duduk hingga bangun dari tempat tidur.

Kondisi ini tentu sangat mengganggu aktivitas Anda, sehingga perlu untuk segera diatasi. Simak cara mengatasi punggung yang sakit ketika hamil di bawah ini.

  1. Mengompres Panas dan Dingin

Anda dapat meredakan rasa nyeri pada punggung dengan cara mengompres panas dan dingin. Pertama-tama kompres dingin terlebih dahulu selama kurang lebih 20 menit pada area nyeri. Setelah dua atau tiga hari barulah Anda mengganti dengan kompres hangat pada bagian nyeri, baik menggunakan botol berisi air hangat ataupun bantal pemanas.

  1. Pijat

Selain mengompres bagian yang sakit, Anda juga dapat melakukan pemijatan pada bagian punggung. Anda dapat meminta pasangan, anggota keluarga, atau terapis untuk memberikan pijatan. Pijatan yang lembut dapat membantu meredakan rasa nyeri pada punggung Anda.

  1. Olahraga

Siapa bilang ibu hamil tidak boleh berolahraga? Olahraga yang aman dilakukan ketika hamil cukup banyak, mulai dari pilates, yoga parental, senam kegel, berjalan kaki, hingga berenang. Dengan rutin berolahraga ibu hamil dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot, serta mengurangi tekanan pada tulang belakang.

  1. Memperbaiki Postur Tubuh

Ketika Anda merasa sakit punggung saat hamil, sebaiknya cobalah untuk memperbaiki postur tubuh Anda. Ada baiknya Anda tidak banyak membungkuk ketika berdiri maupun duduk, serta tidak memutar badan.

Ketika tidur, Anda dapat memposisikan tubuh untuk tidur menyamping dengan bantal berada di punggung, bawah perut, serta antara kedua lutut. Ketika Anda harus mengangkat barang bawaan, usahakan untuk mengambil barang tersebut dengan menekuk lutut dan mendekap erat pada tubuh.

  1. Akupuntur

Akupuntur atau tusuk jarum merupakan pengobatan alternatif dengan memasukkan jarum pada titik akupuntur tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa akupuntur rupanya cukup efektif untuk meredakan rasa nyeri punggung bawah pada masa kehamilan. Namun pastikan untuk memilih praktisi yang berpengalaman dan terpercaya sebelum melakukan akupuntur.

  1. Menggunakan Celana dan Sabuk Khusus

Rupanya mengenakan celana serta sabuk khusus yang didesain khusus untuk ibu hamil dapat membantu menyangga perut, sehingga dapat membantu mengurangi rasa sakit pada bagian punggung.

Apakah Sakit Punggung Saat Hamil Berbahaya?

Memang rasa sakit pada punggung banyak dialami oleh ibu hamil dan bukan merupakan pertanda bahaya. Namun ada pula beberapa kasus yang diindikasikan dari gejala sakit punggung. Untuk itu ada baiknya untuk mengkomunikasikan keluhan ini dengan dokter kandungan Anda, sehingga dapat dilakukan pemeriksaan untuk mencari tahu penyebabnya.

Itulah cara meredakan sakit punggung saat hamil yang wajib Anda ketahui. Semoga dengan melakukan hal diatas dapat membantu Anda menghilangkan rasa sakit pada punggung ketika masa kehamilan.