Lifestyle

Sejarah Singkat Brand Fashion Ternama, Billabong

Sejarah Singkat Brand Fashion Ternama, Billabong

Dunia fashion terus saja berkembang dari tahun ke tahun. Tidak heran nama-nama merk semakin banyak sehingga pilihan untuk memilih outfit semakin bertambah, apalagi ada beberapa merk yang memang dikhususkan untuk jenis pakaian tertentu. Dari banyaknya merk fashion tersebut, tentunya Anda tidak asing lagi dengan nama Billabong, bukan?

Billabong merupakan salah satu merk yang khusus dihadirkan untuk produk-produk surfing. Meskipun sangat populer dengan produk pakaiannya, brand tersebut juga mengeluarkan berbagai macam produk andalannya. Mulai dari jam, tas, skate board, snow board, sampai papan seluncurnya menjadi produk andalan merk tersebut.

Brand yang satu itu memang sangat populer di kalangan para surfer karena pada mulanya merk yang berasal dari Australia tersebut hanya dihadirkan untuk produk-produk selancar. Namun, tidak sedikit orang yang tahu dari mana nama Billabong tersebut diambil hingga menjadi sebuah merk terkenal sampai sekarang.

Anda yang masih belum mengetahuinya, tidak ada salahnya membaca sejarah singkat dari merk fashion ternama tersebut di bawah ini.

Di balik Nama Billabong

Meskipun banyak yang sudah mengenal kalau Billabong merupakan sebuah brand fashion, namun tidak semuanya tahu maksud dari namanya tersebut. Nama merk tersebut sendiri awalnya diberikan dari pengusaha awam yang berasal dari Australia, yakni Gordon serta Rena Merchant, tepatnya di Gold Coast, Queensland Australia pada tahun 1973.

Kata Billabong merupakan suatu genangan yang luas dan banyak ditemukan di wilayah Australia. Genangan tersebut sebenarnya juga dikenal dengan sebutan Oxbow Lake, karena penamaannya berasal dari suku Aborigin. Billabong pun juga berasal dari Wiradjuri yang termasuk bahasa sub-etnis Aborigin yang menempati wilayah New Sounth Wales.

Billa artinya sungai, sedangkan Bong artinya mati. Kalau diartikan secara keseluruhan, berarti sungai akan mengalir hanya pada saat hujan selesai saja. Lalu, apa yang menjadi alasan Gordon dan Rena Merchant memberikan nama merk fashion-nya Billabong?

Menurut beberapa sumber, mereka menamainya menjadi Billabong karena ingin merk tersebut menjadi salah satu oasis untuk mereka. Belum lagi mereka yang berbisnis di dunia surfing, tentunya sangat cocok dengan industri tersebut yang selalu membutuhkan air.

Masih ada lagi alasan lainnya yaitu karena nama Billabong sendiri menjadi nilai auntentik dan menunjukkan identik dengan Australia yang merupakan negara asal pemiliknya mendirikan bisnis fashion mereka.

Sejarah Berdirinya

Seperti yang tadi sudah sempat dibahas, Billabong didirikan oleh Gordon dan Rena Merchant pada tahun 1973, tepatnya di Gold Coast, Queensland Australia. Pada mula berdirinya, mereka hanya mendesain dan mengeluarkan celana-celana pendek pantai saja. Mereka memproduksinya sendiri di rumah dan menjualnya di toko-toko surfing lokal.

Karena produk mereka banyak yang menyukainya, terutama teknik menjahitnya, tidak heran semakin banyak konsumen lokal yang membelinya. Maka dari itulah, Gordon dan Rena membuat rencana untuk membuka cabangnya lebih luas lagi. Dengan menggunakan iklan yang menarik, semakin banyak yang menginginkan produk-produk pakaian mereka. Tepatnya di tahun 1980, merk mereka semakin terkenal di seluruh Australia.

Karena kesuksesan Merchant bersaudara di Australia, sekitar tahun 1980an, mereka akhirnya melebarkan bisnisnya ke beberapa negara lain. Jepang, Afrika Selatan, dan New Zealand menjadi 3 negara pertama yang menjadi pasar Billabong di luar Australia.

Dari bisnis kecil-kecilan yang bermula dilakukan di rumah, sekarang ini menjadi salah satu brand fashion yang berkualitas dan selalu diincar banyak konsumen dari seluruh dunia. Billabong memang menghadirkan banyak jenis pakaian, tapi Anda pun juga dapat memilih produk lainnya, seperti jam tangan, skate board, snow board, dan sebagainya.